Semoga Blog ini bisa membantu memenuhi semua informasi yang sedang kalian cari ;)

Komponen Perangkat Input

Perangkat Input
     Perangkat  input  komputer  (  perangkat  masukan  atau  input  devices) adalah  perangkat  yang  digunakan  untuk  memasukkan  data  -  data  dan memberikan perintah pada komputer untuk digunakan pada proses lebih lanjut. Beberapa perangkat masukan tersebut adalah :

a.  Keyboard
Keyboard  merupakan  unit  input  yang  paling  penting  dalam  suatu pengolahan  data  dengan  komputer.  Keyboard  dapat  berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user  (pengguna)  untuk  melakukan  perintah-perintah  lainnya  yang diperlukan,  seperti  menyimpan  file  dan  membuka  file.  Penciptaan keyboard  komputer  berasal  dari  model  mesin  ketik  yang  diciptakan dan dipatenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun  1887  diproduksi  dan  dipasarkan  oleh  perusahan  Remington. Keyboard  yang  digunakanan  sekarang  ini  adalah  jenis  QWERTY, pada tahun 1973,  keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO  (International  Standar  Organization).Jumlah  tombol  pada keyboard ini berjumlah 104 tuts.Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY : ditemukan oleh Scholes, Glidden dan Soule pada tahun 1878, dan fungsi keyboard QWERTY ini digunakan sebagai standar mesin tik komersial pada tahun 1905.

2.) DVORAK : ditemukan pada tahun 1932 dengan dirancang lebih efisien 10-15 % dibanding keyboard QWERTY

3.) KLOCKENBERG : Keyboard ini dibuat dengan maksud menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada, yaitu dengan memisahkan kedua bagian keyboard (bagian kiri dan kanan).
4.) MALTRON : keyboard ini dibuat agak cekung ke dalam. Dengan pertimbangan bahwa pada saat jari-jari diposisikan akan mengetik, maka jari-jari itu dijamin tidak akan membentuk satu garis lurus
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :

1. typewriter key yaitu tombel yang berfungsi sama dengan tombol yang ada pada mesin tik. Yang termasuk tombol typewriter adalah sebagai berikut:

  • Back space adalah tombol yang Berfungsi untuk menghapus ke arah dari kiri kursor (pointer)
  • Caps Lock adalah tombol yang berfungsi untuk menuliskan huruf besar (capital) secara tetap, begitu  pula sebaliknya.
  • Delete merupakan tombol untuk menghapus satu huruf atau angka di sebelah kanan kursor.
  • Esc yaitu  tombol untuk membatalkan suatu perintah atau menuju ke menu sebelumnya.
  • End merupakan tombol untuk memindah kursor ke akhir baris/ halaman/ lembar kerja.
  • Enter yaitu tombol untuk berpindah ke baris baru secara paksa atau memproses perintah.
  • Home adalah tombol untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar.
  • Insert yaitu tombol untuk menyisipkan satu huruf / kata/ kalimat.
  • Page Up merupakan tombol untuk melihat dokumen atau lembar kerja satu layar ke atas.
  • Page Down yaitu tombol untuk melihat dokumen atau lembar kerja satu layar ke bawah.
  • Tab adalah tombol untuk memindah kursor satu tab ke kanan.
2. Numeric Key  adalah tombol yang berfungsi sebagai tombol numeric (angka) jika tombol <Num Lock> lampunya menyala (on). Akan tetapi jika lampunya mati (off) maka yang berfungsi adalah tombol bukan numeric.
3. Function Key yaitu tombol yang terdiri dari 12 tombol yaitu tombol F1 hingga F12. Adapun kegunaanya tidak sama antara satu dengan yang lainnya, tergantung pada program yang sedang di jalankan.
4. Spacial Function Key merupakan Tombol yang akan berfungsi jika ditekan secara bersamaan dengan tombol yang lainnya. Tombol yang termasuk jenis tombol ini adalah Shift, Alt, dan Ctrl.

b. Mouse

Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat.Selain itu,dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface).sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan.Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satukali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.

Di bawah ini adalah beberapa fungsi dari mouse:
  • Untuk memasukkan perintah kepada komputer dimana cara kerja dari mouse ini adalah dengan cara menggeser - geser mouse di permukaan papan yang datar. 
  • Sebagai penggerak pointer untuk menunjukkan lokasi tertentu di layar monitor.
  • Untuk melakukan kegiatan yang disebut dengan: klik (memilih item), double klik (membuka file), klik tahan dan geser / drag drop (memindahkan item) dan klik kanan (menampilkan pilihan menu perintah.
  • Untuk menggulung (scrolling) layar dengan menggunakan roda scroll.
  • Untuk mendeteksi gerakan 2 dimensi secara relatif terhadap posisinya sekarang. 
  • Mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Terlebih bagi kita yang sering melakukan aktivitas mengedit foto atau membuat desain.
  • Sebagai pengontrol perbesaran tampilan objek.
  • Untuk mengaktifkan command button dan juga melakukan suatu aksi tertentu pada aplikasi.
  • Dapat digunakan uantuk memperbesar atau juga memperkecil tampilan worksheet. 
  • Untukmelakukan konversi dan isntruksi ke dalam bentuk sinyal elektronik yang dapat dimengerti oleh komputer.
  • Untuk perintah yang tidak menyediakan menu shortcut, tombol kanan pada mouse berfungsi sebagai tombol enter.
c. Touchpad 

Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari.Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick

dan trackball.  

Sejarah Touch Pad
 
Touch pad mulai diperkenalkan di laptop pada awal tahun 1990-an. Pada saat itu masih terjadi kebingungan terhadap produk tersebut dalam menyebutnya.Tidak ada istilah yang konsisten digunakan dan beragam referensi, seperti glide point, perangkat sentuh sensitif masukan, trackpad, dan alat penunjuk.Sampai akhirnya disebutlah touchpad.
 
Tujuan dibuatnya Touch Pad
 
Tujuan diciptakannya touchpad adalah menyimpel-kan pemakaian mouse, yang dulunya pemakaian mouse memerlukan yang cukup luas, serta diperlukan alas yang rata. Dengan adanya touchpad user masih dapat menggunakan komputer (notebook/netbook) dimana saja walaupun di tempat yang sempit pula. Seperti halnya dengan mouse yang mempunyai tombol kiri dan kanan, toucpad pun punya tombol kiri dan kanan pada bagian bawah nya tetapi doubel klik bisa dilakukan pada landasan touchpad dengan cara mengetuknya dua kali. Mouse yang banyak beredar dipasaran pastinya terdapat sebuah scroll yaitu sebuah roda yang berfungsi menggulung halaman dilayar, ditouchpad pun ada fasilitas scroll tetapi tidak semua touchpad ada fasilitas scroll tergantung pada pabrik pembuat. 
d. Light  Pen

Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik. Untuk menghasilkan gambar yang bagus, light pen memerlukan adanya monitor dengan kualitas yang prima (high resolution). Dengan adanya sebuah photo transistor detector, maka pada sebuah monitor akan terbagi menjadi beberapa baris dan beberapa kolom. Semakin rapat jarak antara baris dan kolom yang dimiliki oleh monitor, semakin bagus pula gambar yang akan dihasilkannya.
Light pen ada yang dilengkapi dengan papan gambar, dimana pada papan ini permukaannya terbagi menjadi ratusan area, dan area inilah yang kemudian dihubungkan dengan komputer. Setiap sentuhan pena pada area yang bersangkutan, akan menimbulkan denyutan pulsa elektonik. Para arsitek, banyak yang meletakkan kertas berisi gambar diatas papan gambar, dan kemudian dengan light pen yang ada, mereka mengikuti gambar yang tersedia. Dengan demikian, light pen akan menempati posisi gambar secara tepat dan teliti. Skema gambar juga muncul melalui monitor. Light pen dengan papan gambar ini biasanya disebut sebagai Grapics Tablet.
Light pen ada juga yang digunakan untuk membaca bar-code. Bar-code adalah suatu garis-garis hitam yang dibuat menurut kode tertentu, dan dicetak dengan menggunakan tinta khusus yang bisa dibaca oleh light pen. Bar-code banyak digunakan di-super market untuk mengkodekan jenis barang yang dijual, harga maupun stock yang dimilikinya. Sinar yang dipancarkan akan membaca bar-code, dan kemudian mengubahnya kedalam pulsa elektronik serta mengirimnya ke-CPU guna keperluan proses berikutnya
e. Joy Stick  dan Games Paddle

Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.

Kegunaan dan fungsi joystick:
Alat ini umumnnya digunakan sebagai:

1. Pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
2. Untuk megontrol permainan video.
3. Joystick juga banyak diimplementasikan pada mesin-mesin seperti pada kursiroda bermotor dan truk.
 

f. Barcode

Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka.Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku.Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk

mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.

Berdasarkan kegunaannya terdapat 6 kategori kegunaan barcode, yaitu :
  • Barcode untuk keperluan retail. Barcode untuk keperluan retail, salah satu contohnya adalah UPC (Universal Price Codes), biasanya digunakan untuk keperluan produk yang dijual di supermarket.
  • Barcode untuk keperluan packaging. Barcode untuk packaging biasanya digunakan untuk pengiriman barang, dan salah satunya adalah barcode tipe ITF.
  • Barcode untuk penerbitan. Barcode untuk keperluan penerbitan, sering digunakan pada penerbitan suatu produk, misalkan barcode yang menunjukkan ISSN suatu buku.
  • Barcode untuk keperluan farmasi. Barcode untuk keperluan farmasi biasanya digunakan untuk identifikasi suatu produk obat-obatan. Salah satu barcode farmasi adalah barcode jenis HIBC.
  • Barcode untuk keperluan non retail. Barcode untuk kepentingan non retail, misalkan barcode untuk pelabelan buku-buku yang ada di perpustakaan. Salah satu tipe barcode untuk keperluan non retail ini adalah Code 39.
  • Barcode untuk keperluan lain.
 
g. Scanner

Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer.Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk.Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar
atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character  Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks. Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah.Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa. 

Beberapa model jenis scanner (fungsi scanner):

1. scanner model flatbed, kertas atau objek diletakkan di atas kaca scanner, kemudian lampu dan sensor pemindai akan bergerak melewati kertas atau objek tersebut untuk memperoleh gambarnya.

Keuntungan menggunakan scanner flatbed adalah:
- objek selain kertas pun (suatu benda) dapat di letakkan di atas kaca scanner, contohnya handphone, jam tangan, dll.          

2. Automatic Document Feeder (ADF)

Dengan menggunakan scanner model Automatic Document Feeder (ADF), kertas diletakkan pada baki/tray, lalu satu per satu kertas akan dimasukkan oleh bagian mekanik pemindai dengan adanya pad assy dan roller. Pada saat kertas bergerak di atas lampu pemindai, sensor pemindai bekerja untuk memperoleh gambar yang merepresentasikan kertas tersebut.

Keuntungan menggunakan Automatic Document Feeder (ADF) adalah:
- kecepatannya tinggi, dapat mencapai > 10.000 lembar per jam
-dapat membaca dua sisi kertas sekaligus pada saat yang bersamaan 
h. Camera Digital

Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya.Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan.Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera
digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai
dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.  
i. Mikrofon 

Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara.  
Cara Kerja        : Konsep utama yang digunakan oleh Microphone adalah cara merubah Impedansi, karena pada tegangan yang Tetap perubahan impedansi akan Mempengaruhi besarnya arus pada suatu System sirkuit tertutup Arus tersebutlah yang merupakan signal informasi akustik yang sudah dirubah dalam bentuk elektrik (sinyal arus). Cara kerja dipetakan seperti Alur berikut : suara-membrane-celah udara- kapasitor. Membrane yang dipengaruhi tekanan suara terhadap waktu mempengaruhi lebarnya celah antara membrane dengan bahan kapsitor. Sehingga besanya impedansi, dalam hal ini kapasitansi, berubah karena lebar celah yang berubah terhadap waktu. Hal ini pula yang mempengaruhi besarnya arus.
j. Graphics Pads

Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan  Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan,  kemudian ditulisi dengan pensil.
0 Komentar untuk "Komponen Perangkat Input"

Back To Top